Keringat saat olahraga sebenarnya merupakan hal yang normal. Namun keringat berlebih saat olahraga bisa saja terkait dengan masalah pada kesehatan tubuh kita. Benarkah penyebab keringat saat olahraga ini merupakan hasil pembakaran lemak pada tubuh? Lantas bagaimana dengan keringat berlebih?

Jika kita memperhatikan orang-orang, diantara mereka ada yang sengaja menggunakan jersey olahraga khusus agar tubuhnya panas dan mengeluarkan kering lebih saat berolahraga. Namun ternyata fakta menunjukkan bahwa hal ini tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak.

Fakta Seputar Keringat

Sebagian orang mengalami permasalahan yang satu ini. Bukan keringat saat olahraga, namun berkeringat ketika tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Hal ini membuat tidak nyaman bahkan resah karena malu dan hilang rasa percaya diri karena tampak basar pada kulitnya.

Dilansir dari Halodoc.com, setiap orang memproduksi keringat dengan jumlah yang berbeda-beda. Contohnya, wanita memiliki lebih banyak jumlah kelenjar keringat daripada pria, tetapi kelenjar keringat pria cenderung lebih aktif. Artinya, pria secara alami berkeringat lebih cepat dan lebih banyak daripada wanita walaupun jumlah kelenjar keringat yang diaktifkan sama banyak serta intensitas suhu dan aktivitas fisik sama rata.

Keringat Saat Olahraga, sumber Republika
Keringat Saat Olahraga, sumber Republika

Orang yang bertubuh bugar, biasanya berkeringat lebih cepat selama berolahraga. Ini dikarenakan suhu tubuh mereka lebih rendah dibanding orang-orang yang kurang aktif bergerak. Orang yang jarang berolahraga atau bahkan tidak pernah berolahraga sebelumnya, lebih mungkin berkeringat lebih banyak saat melakukan aktivitas fisik karena tubuh mereka lebih cepat memanas.

Begitu juga dengan orang yang memiliki berat badan lebih. Umumnya akan memproduksi keringat berlebih dibanding seseorang yang memiliki berat badan normal. Sebab lemak bertindak sebagai penghantar panas (insulator) yang menaikkan suhu inti tubuh. Selain itu orang dengan usia muda lebih banyak berkeringat dibanding orang dengan usia tua.

Faktor lain yang menyebabkan banyaknya keringat saat berolahraga juga dipengaruhi pada beberapa hal di luar tubuh. Misalnya mengenakan pakaian bahan sintetis saat berolahraga akan menjebak panas dalam tubuh, dampaknya akan membuat kamu lebih cepat kegerahan dan berkeringat.

Masalah Kesehatan Keringat Berlebih

Jika keringat saat berolahraga dikatakan sebagai normal, lantas bagaimana dengan keringat berlebih? Apakah ada hubungannya dengan masalah kesehatan? Bagaimana cara mengantisipasinya?

Kondisi keringat berlebih ini disebut dengan hiperhidrosis. Yaitu kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan yang terkadang tidak diakibatkan oleh suhu panas ataupun olahraga. Penderita bisa berkeringat sangat banyak, sampai-sampai keringat menembus pakaian dan menetes ke tangan. Banyaknya keringat yang keluar ini memang tidak memengaruhi kesehatan Anda secara serius, namun bisa berpengaruh buruk terhadap kualitas hidup dan bisa menimbulkan perasaan malu, stres, depresi, dan gelisah.

Kondisi hiperhidrosis ini sendiri penyebabnya dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

Jersey Sepakbola, submer Jobeco
Jersey Sepakbola, submer Jobeco

Hiperhidrosis primer atau hiperhidrosis yang tidak diketahui penyebabnya, dimana diduga terjadinya hiperhidrosis primer ini umumnya dipengaruhi oleh sistem saraf simpatik yang bekerja berlebihan dan faktor genetik.

Hiperhidrosis sekunder atau hiperhidrosis yang bisa diidentifikasi penyebabnya, yaitu antara lain obat-obatan, infeksi, mengidap penyakit Parkinson, gangguan sel darah atau sumsum tulang, kehamilan, menopause, gelisah, hipoglikemia, hipertiroid, obesitas, serangan jantung, dan gangguan sistem saraf.

Tips Mencegah Keringat Berlebih

Untuk keringat saat olahraga yang berlebih, kita bisa melakukan beberapa tips agar tetap nyaman dan percaya diri. Bisa dengan mencegahnya, ataupun menggunakan kostum khusus sehingga meskipun berlebih tidak tampak aneh karena pakaian yang basah. Lebih lengkapnya, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Menggunakan Jersey Olahraga

Jika keringat berlebih saat berolahraga yang bukan disebabkan masalah kesehatan, Anda bisa mengenakan jersey olahraga yang dirancang khusus. Misalnya jersey sepeda yang ternyata dirancang untuk membuat keringat dapat menguap sehingga tidak memberatkan saat digunakan bersepeda. Atau menggunakan bahan jersey khusus yang menyerap keringat.

Bahan jersey yang dapat menyerap keringat namun tidak tampak basah salah satunya adalah bahan jersey cotton. Selain bahan cotton, bahan polyester juga sering menjadi bahan jersey karena dapat membuat keringat terserap dan cepat mengering. Karena itu, gunakan kostum khusus apalagi saat berolahraga.

2. Menyegarkan Diri

Mandi Sebelum Olahraga, sumber The Active Time
Mandi Sebelum Olahraga, sumber The Active Time

Sebagaimana yang sudah dibahas, keringat bukanlah bukti bahwa terjadi pembakaran lemak pada tubuh kita. Keringat adalah mekanisme yang terjadi pada tubuh untuk menyesuaikan ketika suhu tubuh meningkat aktibat beraktivitas fisik atau yang semacamnya. Sehingga dengan keringat ini suhu tubuh relatif tidak terlalu panas.

Karena itu, jika sebelum melakukan aktivitas fisik atau yang semacamnya ini tubuh kita dalam kondisi segar, maka keringat tidak langsung keluar seketika. Keringat akan keluar saat tubuh berada pada suhu yang tinggi. Salah satu caranya adalah mandi sebelum melakukan aktivitas olahraga atau yang semacamnya.

3. Memakain Deodorant Antiperspirant

Satu lagi cara mengatasi keringat berlebih pada saat berolahraga yakni dengan memakai deodorant antiperspirant. Setelah mandi dengan sabun, aplikasikan deodorant antiperspirant pada ketiak, area yang sangat aktif memproduksi keringat. Antiperspirant dirancang mampu mengontrol produksi keringat berlebih.

Produk deodorant yang mengandung antiperspirant akan menjaga kulit tubuh tetap kering dan segar meskipun Anda aktif bergerak. Namun ada hal lainnya yang perlu diperhatikan pula. Yaitu kenyamanan pada kulit. Karena tidak semua orang nyaman menggunakan deodorant ini ketika melakukan aktivitas fisik.

Itu dia beberapa informasi seputar keringat saat olahraga dan tips mengurangi keringat berlebih. Jika Anda membutuhkan jersey olahraga khusus, jobeco adalah konveksi jersey dengan pemesanan sesuai kustom dari pelanggan. Anda bisa merancang sendiri jersey yang diperlukan termasuk memilih bahannya.