Pernahkah Anda membeli jersey sepakbola namun ternyata tidak sesuai dengan yang Anda inginkan? Jersey sepakbola memang salah satu yang paling ramai diminati sebagaimana banyaknya fans olahraga yang satu ini. Lantas bagaimana tips membeli jersey agar sesuai dengan keinginan kita?

Diantara banyak kostum olahraga, bisa dikatakan kostum sepakbola adalah yang paling banyak dijual. Mulai dari yang orisinil hingga yang kw. Namun dari berbagai jenis serta harga yang ditawarkan ternyata tidak selalu sesuai apabila kita tidak bisa memperkirakannya. Tips membeli jersey berikut ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan jersey terbaik yang bisa Anda beli.

Tips Membeli Jersey Sepakbola

Mungkin Anda sudah pernah mendengar berbagai macam jersey sepakbola seperti kualitas bagus, berharga terjangkau, asli dan bahkan yang paling mahal. Lantas, jersey sepakbola seperti apa yang bisa Anda miliki? Simak tips membeli jersey yang bagus berikut ini.

1. Pilih Kostum Kesukaan

Tips memilih jersey yang pertama adalah membeli sesuai dengan pilihan yang paling kita sukai. Tentu saja ini adalah hal yang paling penting dimana kita memiliki hal-hal yang memang kita sukai. Nah, sebagai fans olahraga sepakbola Anda pasti sudah mengetahui club pilihan, pemain idola, nomor punggung kesukaan serta pilihan warna kostum.

Seorang penyuka olahraga sepakbola biasanya tidak hanya mengagumi satu tim nasional atau klub. Namun bisa saja sampai mengagumi klub lokal, tim nasional dari berbagai benua, klub liga-liga yang mungkin jarang terdengar dan lainnya. Nah, Anda seperti apa? Jersey klub atau tim apa yang sedang Anda cari?

Jersey Sepakbola yang Digunakan Pemain, sumber Goal.com
Jersey Sepakbola yang Digunakan Pemain, sumber Goal.com

Setelah menentukan klub atau timnya, tentu saja tersedia jersey untuk pemain-pemain tertentu. Meskipun dalam kondisi tertentu hanya kostum pemain yang paling banyak diminati saja yang diproduksi atau dijual. Namun tidak jarang juga konveksi jersey atau produsen jersey ternama membuat khusus pemain tertentu yang bisa saja kita sukai. Termasuk pilihan nomor punggungnya.

Kemudian, satu klub atau tim sepakbola biasanya memiliki aneka jersey. Paling tidak jersey sebagai tuan rumah dan tamu saat bertanding. Antara jersey yang digunakan saat menjadi tuan rumah dan tamu terkadang memiliki motif dan warna yang berbeda. Bisa jadi Anda menyukai jersey dengan motif khusus. Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan ketika ingin membelinya.

2. Ketahui Jenis Jersey

Tips membeli jersey selanjutnya adalah memilih jenis-jenis jersey. Jersey terdiri dari berbagai jenisnya seperti orisinil, kw, jersey yang dicetak mirip aslinya, jersey yang digunakan untuk pertandingan dan jenis-jenis lainnya. Berbagai jenis ini tentu saja berbeda juga segi kemiripan dan bahannya.

Terkadang saking mengidolakan tim atau pemain tertentu, seseorang bisa mencari jersey yang khusus. Apalagi jika bisa memiliki jenis jersey untuk pertandingan bahkan bekas pakai pemainnya. Semua tergantung Anda sebagai penyuka olahraga yang satu ini.

3. Kenyamanan Saat Dipakai

Apakah Anda termasuk salah satu yang mempertimbangkan aspek kenyamanan dari pakaian Anda? Karena akan berbeda antara jersey yang digunakan untuk santai dengan jersey yang ingin pula digunakan saat kita bermain sepakbola. Bahan yang paling cocok untuk dipakai sekaligus saat bermain sepakbola tentu saja yang asli atau yang saat mirip dengan yang asli.

Jersey Match Worn, sumber Golden Soccer Signing
Jersey Match Worn, sumber Golden Soccer Signing

Berbeda apabila Anda hanya sekedar mengkoleksi jersey. Karena terdapat jersey khusus yang bertanda-tangan pemainnya dan telah digunakan namun hanya untuk dipajang dalam bingkai saja. Dalam hal ini Anda tidak perlu lagi memastikan bahan yang digunakan.

4. Punya Budget Berapa?

Jersey sepakbola yang tersedia diperjualbelikan memiliki harga berbeda-beda. Bisa bergantung jenisnya, bisa juga perbedaan harga sesuai dengan bahan yang digunakan. Nah, Anda punya budget berapa untuk membeli kostum olahraga ini?

Jika Anda memang menginginkan jenis khusus yang cocok atau yang berharga karena telah digunakan, tentu saja berapapun harganya akan Anda keluarkan. Namun dipasaran terdapat berbagai pilihan untuk Anda yang punya badget terbatas.

5. Supplier Terpercaya

Jersey olahraga tidak harus diproduksi oleh club atau tim sepakbola langsung. Bisa saja diproduksi oleh merk tertentu misalnya nike dan adidas. Nah, merk tertentu ini menjual produk-produknya ke berbagai supplier di berbagai negara.

Hanya saja Anda perlu mengetahui yang mana supplier kepercayaan Anda. Karena saat ini produksi sudah dapat dilakukan semirip mungkin dengan aslinya. Yang penting supplier jujur misalnya barang yang tidak orisinil memang bukan aslinya sehingga harusnya berharga jual yang lebih terjangkau.

6. Perhatikan Kondisi Pakaian

Perbedaan Jenis Jersey, sumber Kaskus
Perbedaan Jenis Jersey, sumber Kaskus

Hal terakhir dari tips membeli jersey yang perlu Anda lakukan juga adalah memperhatikan kondisi pakaian saat dijual. Bahkan mungkin bisa saja Anda minta penjualnya untuk memeriksakan kondisi pakaian jersey yang dijual kepada Anda. Jangan sampai Anda membeli jersey dalam kondisi yang sudah tidak baik.

Selain memang kondisi jersey tidaklah sangat kuat sehingga pada waktunya akan menurun kualitasnya, paling tidak Anda bertanya kapan produksi jersey yang sedang dijual. Jika sudah diproduksi sejak lama tentu saja umur pemakainnya bisa berpengaruh. Karena jika sudah lama kualitas pakaian bisa menurun.

Nah, itu dia beberapa tips membeli jersey sepakbola yang bisa menjadi referensi bahkan untuk Anda coba sendiri. Apakah ada tips tambahan yang pernah Anda ketahui? Silahkan lakukan yang menurut Anda cocok karena tips di atas hanya saran informatif kepada Anda.

Simak terus berbagai ulasan menarik dan informasi seputar kostum olahraga, jersey, konveksi pakaian olahraga dan yang sejenisnya di website jobeco. Jika terdapat kritik dan saran, silahkan berikan pada kolom komentar yang tersedia.