Setelah melakukan berbagai aktivitas olahraga, tentu saja pakaian yang dikenakan harus dicuci. Namun terkadang pakaian yang telah dicuci tetap menimbulkan bau apek. Hal ini sudah pasti membuat Anda tidak nyaman memakai baju olahraga tersebut meskipun telah dicuci bersih. Lalu sebenarnya apa sih penyebab pakaian bau apek meskipun telah dicuci?

Jadi Anda perlu mengetahui apa saja penyebab pakaian bau apek meskipun telah dicuci supaya Anda bisa menghindarinya. Seperti yang kita ketahui apapun jenis olahraga yang dilakukan tentu saja akan mengeluarkan banyak keringat. Supaya keringat tersebut tidak menempel pada kulit dan pada akhirnya menyebabkan iritasi, maka Anda perlu memilih baju olahraga yang tepat.

Anda bisa menggunakan kaos jersey sebagai pakaian olahraga yang nyaman digunakan. Bahkan kaos jersey ini tidak hanya digunakan untuk seragam tim sepak bola ataupun futsal saja loh. Kaos jersey juga bisa digunakan untuk bersepeda. Penggunaan kaos jersey yang berwarna terang juga termasuk salah satu peralatan wajib bersepeda yang perlu Anda kenakan saat olahraga sepeda.

Penyebab bau apek pada baju olahraga meski telah dicuci, Sumber: grid.id
Penyebab bau apek pada baju olahraga meski telah dicuci, Sumber: grid.id

Apabila Anda ingin berolahraga dengan nyaman, maka bisa menggunakan kaos jersey sebagai pelengkapnya. Kaos jersey ini bisa Anda dapatkan di Jobeco Sport. Jobeco Sport merupakan salah satu konveksi jersey yang ada di Jogja. Jobeco Sport ini menawarkan jasa produksi berbagai macam kaos jersey. Sehingga tidak harus untuk seragam tim sepak bola saja ya yang bisa menggunakan kaos jersey ini.

Apapun jenis olahraga yang Anda pilih, Anda juga bisa menggunakan jersey sebagai baju olahraga yang nyaman. Jangan lupa untuk mengikuti panduan merawat kaos jersey yang tepat ya supaya jersey tetap awet dan tidak mudah rusak. Penggunaan baju olahraga yang tepat akan menghasilkan kualitas olahraga yang optimal. Jadi jangan malas untuk menyesuaikan pakaian untuk memberikan hasil yang maksimal.

Apa Penyebab Pakaian Olahraga Bau Apek Meskipun Sudah Dicuci?

Kenapa baju bau apek setelah dicuci? Pertanyaan seperti itu sering kali ditanyakan oleh banyak orang. Selain baju yang dicuci kurang bersih atau belum kering maksimal ketika dijemur, masih ada berbagai penyebab baju bau apek setelah dicuci. Untuk menghindari baju olahraga apek bahkan setelah dicuci, Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya.

1. Pakaian Basah Tidak Segera Dicuci

Penyebab pakaian bau apek yang pertama ialah tidak segera mencuci pakaian yang basah. Setelah berolahraga tentu saja Anda mengeluarkan banyak keringat sehingga keringat-keringat tadi menempel pada baju. Secara otomatis baju Anda akan basah akan keringat. Terkadang perasaan malas menghampiri, sehingga baju basah tadi dibiarkan menumpuk dan tidak segera dicuci.

Nah pakaian basah yang hanya ditumpuk dan tidak segera dicuci dapat menimbulkan bau yang apek meskipun nantinya telah dicuci. Bahkan pakaian yang basah tadi bisa mempengaruhi tumpukan baju kotor lainnya. Alhasil semakin banyak baju Anda yang akan apek karena pakaian yang basah tadi.

Pakaian basah tidak segera dicuci, Sumber: cleanipedia.com
Pakaian basah tidak segera dicuci, Sumber: cleanipedia.com

2. Penggunaan Deterjen Tidak Sesuai Takaran

Tanpa Anda sadari, penggunaan deterjen yang takarannya tidak sesuai juga bisa menyebabkan baju apek. Terlalu banyak menggunakan deterjen bukan berarti membuat pakaian menjadi bersih, justru malah membuat baju bau setelah dicuci.

Penggunaan deterjen yang terlalu sedikit juga bisa menyebabkan baju tidak bisa bersih secara maksimal. Apalagi pakaian olahraga tentu saja meninggalkan banyak bakteri akibat keringat yang menempel. Jika penggunaan deterjen terlalu sedikit, pakaian tadi tidak bisa bersih dan mengakibatkan bakteri semakin berkembang biak. Itulah yang bisa menjadi penyebab pakaian bau apek.

Penggunaan deterjen tidak sesuai takaran, Sumber: marketeers.com
Penggunaan deterjen tidak sesuai takaran, Sumber: marketeers.com

3. Pakaian yang Sudah Dicuci Tidak Langsung Dijemur

Tidak sedikit orang yang melakukan kebiasaan ini, yakni tidak langsung menjemur pakaian olahraga yang sudah dicuci. Penumpukan pakaian yang sudah dicuci dan tidak langsung dijemur ini juga bisa menjadi penyebab cucian bau apek. Sehingga tidak jarang Anda akan merasakan bau yang tidak sedang ketika menggunakan pakaian tersebut.

Jadi ketika Anda selesai mencuci jangan mengambil alih pekerjaan lainnya. Sebaiknya selesaikan terlebih dahulu kegiatan mencuci Anda hingga proses penjemuran. Karena terkadang Anda lupa bahwa sedang mencuci pakaian dan belum dijemur. Oleh sebab itu selesaikan dahulu kegiatan mencuci ini hingga menjemurnya, jika sudah selesai barulah mengerjakan kegiatan lainnya.

Pakaian tidak langsung dijemur setelah dicuci, Sumber: popmama.com
Pakaian tidak langsung dijemur setelah dicuci, Sumber: popmama.com

4. Menjemur Pakaian di Ruangan

Pakaian olahraga yang telah selesai dicuci tentu saja harus segera dijemur. Namun jika pakaian Anda dijemur di dalam ruangan, nantinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Ruangan yang lembab akan membuat pakaian menjadi bau apek. Oleh sebab itu pastikan bahwa pakaian Anda dijemur di luar ruangan agar kering secara sempurna.

Namun jika terpaksa dijemur di dalam ruangan karena hujan, maka Anda bisa menjemurnya menggunakan hanger. Pastikan juga pakaian Anda diberi jarak dari pakaian satu dengan pakaian yang lainnya. Hal ini supaya pakaian tetap mendapatkan angin.

Menjemur pakaian di dalam ruangan, Sumber: merdeka.com
Menjemur pakaian di dalam ruangan, Sumber: merdeka.com

Ada sedikit tambahan informasi untuk Anda nih. Selain melayani berbagai kebutuhan kaos jersey (olahraga sepeda, sepakbola, basket, futsal, voli, dan yang lainnya), Jobeco Sport juga melayani jasa sablon kaos polos dengan metode printing. Untuk Anda yang membutuhkan layanan dari Jobeco Sport bisa langsung menghubungi kami melalui nomor yang telah tersedia di bagian kontak.

Terima kasih telah membaca informasi mengenai penyebab pakaian olahraga bau apek meskipun telah dicuci. Selain informasi di atas, tentu saja masih ada banyak informasi lain yang bisa Anda ikuti misalnya saja seperti tips memilih kostum olahraga muslimah atau yang lainnya. Berbagai informasi tersebut bisa Anda dapatkan di laman website Jobeco Sport tentunya.