Melakukan pendinginan setelah olahraga merupakan sebuah keharusan apapun itu jenis olahraganya, termasuk bersepeda. Pada dasarnya pendinginan setelah olahraga bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya cedera otot pasca olahraga. Jadi apapun jenis olahraga yang Anda lakukan sebaiknya diakhiri dengan tahapan pendinginan, sehingga Anda dapat mengantisipasi cedera otot yang mungkin terjadi.

Tahapan pendinginan setelah bersepeda ini juga sama pentingnya dengan pemanasan sebelum melakukan olahraga sepeda ataupun olahraga lainnya. Jadi jangan lewatkan proses pendinginan setelah Anda bersepeda ya, demi kebaikan tubuh Anda. Karena jika berhenti secara tiba-tiba tanpa dilakukan pendinginan, darah akan terkumpul ditungkai dan menyebabkan kepala Anda pusing.

Bukan hanya itu saja, namun nantinya juga akan membatasi Anda mendapatkan darah yang kaya akan oksigen. Padahal oksigen sangat diperlukan untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh saat berada di dalam aliran darah. Selain itu oksigen membantu menggantikan sel-sel yang rusak hingga menyediakan energi untuk tubuh. Jadi jangan langsung berhenti tiba-tiba, lakukan pendingin terlebih dahulu.

Lakukan gerakan pendinginan setelah bersepeda, Sumber: klikdokter.com
Lakukan gerakan pendinginan setelah bersepeda, Sumber: klikdokter.com

Jangan lupa membawa peralatan wajib saat bersepeda ya, misalnya saja dengan menggunakan jersey berwarna terang supaya keringat dapat menyerap dengan baik. Ketika keringat dapat cepat terserap, Anda menjadi lebih nyaman dan mengantisipasi terjadinya iritasi kulit akibat keringat yang menempel pada tubuh. Penggunaan jersey warna terang juga penting untuk memberikan tanda pada pengendara lainnya.

Pentingnya Pendinginan Setelah Bersepeda

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa pendinginan ini bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya cedera otot pasca olahraga. Jadi memang disarankan untuk melakukannya, mengingat pentingnya tahapan ini. Ketika melakukan kegiatan pendinginan, Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri otot yang biasanya muncul setelah berolahraga.

1. Pendinginan Dapat Membantu Mencegah Stres Pada Badan dan Pikiran

Kegiatan pendinginan juga bisa membantu mencegah stres yang terjadi pada badan dan juga pikiran. Ketika melakukan gerakan pendinginan, Anda akan mengatur napas dengan baik. Itulah yang membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Disamping itu kegiatan pendinginan ini juga meregangkan tubuh sekaligus mengatasi rasa nyeri yang ada di tubuh Anda.

Pengaturan napas pada saat pendinginan pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang. Perlu Anda ketahui bahwa pada saat melakukan pendinginan saraf yang ada di dalam otak dan sekujur tubuh juga akan merasakan ketenangan. Jadi rutin melakukan pendinginan setelah selesai olahraga seperti bersepeda merupakan solusi yang baik untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

2. Pendinginan Dapat Mengurangi Kelelahan Pada Otot

Sudah menjadi hal yang biasa jika selepas olahraga otot-otot pada tubuh akan mengalami kelelahan dan menyebabkan nyeri. Apalagi untuk Anda yang jarang melakukan olahraga sepeda ataupun olahraga yang lainnya. Oleh sebab itu untuk mengurangi kelelahan pada otot tubuh dapat menggunakan gerakan pendinginan.

Jika Anda melewatkan proses pendinginan ini maka nantinya proses pemulihan otot akan lebih lama. Begitu pula sebaliknya, apabila Anda selalu melakukan kegiatan pendinginan nantinya proses pemulihan nyeri otot akan lebih cepat daripada yang tidak melakukan proses pendinginan.

Gerakan pendinginan mudah setelah olahraga, Sumber: blackxperience.com
Gerakan pendinginan mudah setelah olahraga, Sumber: blackxperience.com

3. Pendinginan Membantu Menormalkan Detak Jantung

Ketika melakukan olahraga, jantung akan memompa darah lebih cepat ketimbang biasanya (saat tidak melakukan olahraga). Apabila kondisi tidak dikembalikan seperti semula (normal), maka nantinya akan menyebabkan berbagai dampak kesehatan. Misalnya saja seperti kehilangan keseimbangan ataupun merasakan pusing di kepala.

Jadi untuk menghindari risiko tersebut dan juga menormalkan kondisi jantung, Anda perlu melakukan gerakan pendinginan. Ketika Anda melakukan proses pendinginan, jantung akan merasa lebih rileks dan tenang sehingga perlahan kondisi jantung akan normal kembali.

Tips Gerakan Pendinginan Setelah Bersepeda

Setelah selesai melakukan olahraga sepeda ataupun yang lainnya, Anda perlu melakukan gerakan pendinginan yang tepat. Hal ini dilakukan agar olahraga yang telah Anda lakukan bisa maksimal dan tidak mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh Anda. Berikut gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan ketika melakukan pendinginan.

1. Gerakan Shoulder Stretch

Gerakan pendinginan yang pertama ialah shoulder stretch. Cara melakukan gerakan inipun cukup mudah, tarik salah satu lengan Anda dengan posisi menyilang melewati dada. Posisikan gerakan tersebut hingga Anda merasa tarikan tersebut sudah nyaman. Kemudian tahan gerakan ini sekitar 30 hingga 45 detik, lalu ulangi gerakan tersebut dengan lengan yang satunya.

2. Gerakan Seated Hamstring Stretch

Pendinginan selanjutnya bisa Anda lakukan dengan gerakan seated hamstring stretch. Anda hanya perlu duduk di lantai dengan posisi kaki diarahkan ke depan secara lurus. Usahakan tangan Anda menyentuk ujung jari kaki. Ketika sudah berhasil meraih ujung jari kaki, tahan selama 30 hingga 45 detik.

3. Gerakan Arm Stretch

Gerakan pendinginan selanjutnya bisa Anda lakukan secara berdiri dengan posisi bahu menghadap ke belakang. Posisikan salah satu lengan Anda ke bagian belakang kepala dengan posisi menyilang. Kemudian tahan lengan tersebut dengan tangan yang satunya. Pertahankan posisi tersebut sekitar 30 hingga 45 detik, lalu lakukan pada lengan Anda yang satunya.

4. Gerakan Sky Stretch

Gerakan pendinginan yang satu ini juga mudah, Anda perlu melakukannya secara berdiri. Posisikan kedua tangan Anda ke atas dan angkat setinggi mungkin. Tahan gerakan ini sekitar 10 hingga 15 detik.

Pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, Sumber: orami.co.id
Pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, Sumber: orami.co.id

Sekian informasi mengenai tips pendinginan setelah bersepeda. Jangan lupa satu hal bahwa apapun jenis olahraga yang Anda pilih, tetap perlu melakukan pemanasan dan pendinginan. Tidak ketinggalan juga, pakailah kaos jersey olahraga agar lebih nyaman. Pemesanan kaos jersey ini bisa ke Jobeco Sport. Jobeco Sport merupakan konveksi jersey di Jogja yang melayani jasa produksi berbagai macam kaos jersey.

Silahkan hubungi Jobeco Sport ke nomor yang telah tersedia untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya. Jangan lupa juga untuk mengikuti berbagai artikel menarik yang ada di laman website kami. Misalnya saja mengenai panduan memilih baju jersey sepeda atau yang lainnya. Terima kasih telah menyimak informasi di atas, semoga adanya informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.