Jika Anda suka dengan permainan bola voli atau pernah melihat pertandingan bola voli pasti akrab dengan istilah libero. Untuk lebih mudah membedakannya, libero dalam permainan voli ialah orang yang mengenakan jersey yang berbeda dari pemain lainnya. Biasanya seorang libero menggunakan jersey yang lebih kontras dan mencolok ketimbang anggota lainnya dalam satu tim.

Di dalam permainan bola voli terdapat enam pemain yang memiliki tugas dan peran berbeda-beda. Pemain bola voli ini dibagi menjadi enam posisi yakni server, tosser, smasher, blocker, universal player (pemain serbaguna) dan libero. Posisi pemain dalam bola voli ini akan selalu mengalami rotasi, kecuali libero. Dari awal permainan hingga selesai, libero tetap diperankan oleh satu pemain.

Pengertian libero adalah seorang pemain bertahan yang bisa keluar dan masuk dengan bebas, namun seorang libero ini tidak boleh melakukan smash bola ke seberang net. Selain menggunakan jersey yang berbeda dari anggota yang lainnya, seorang libero ini juga memiliki ukuran tubuh atau postur tubuh yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan orang bertubuh pendek kebanyakan lebih lincah dan mampu mengontrol bola dengan baik.

Mengenal libero dalam voli, Sumber: kibrispdr.org
Mengenal libero dalam voli, Sumber: kibrispdr.org

Posisi Libero dalam Bola Voli

Di sini kita akan membahas mengenai sejarah singkat, tugas, aturan khusus, hingga skill yang harus dimiliki oleh seorang libero. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tertarik dengan posisi ini? Simak penjelasan berikut ini.

1. Sejarah Singkat Mengenai Libero

Dilansir dari laman Volly Ball Full, seorang Libero diperkenalkan pertama kali pada tahun 1997. Pada saat itu ada pihak yang menyambut baik mengenai kehadiran libero, namun disatu sisi ada juga yang tidak setuju. Untuk pihak yang setuju ini menganggap bahwa dengan adanya libero dalam voli dapat memberikan warna yang menarik dalam permainan.

Lalu disatu sisi yang lainnya untuk pihak yang tidak setuju dengan adanya libero beranggapan bahwa libero merupakan sebuah kegagalan dalam pembinaan bola voli. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa pembinaan tidak dapat memberikan pelatihan teknik yang baik kepada pemain hingga tingkatan mahir.

Baca juga: Jenis-Jenis Bahan Jersey

Kemudian pada tahun 1999 libero digunakan secara resmi pada kompetisi yang diselenggarakan oleh PP PBVSI. Lalu untuk tim nasional pertama kali yang menggunakan libero pada tahun 1999 yang mengikuti kejuaraan Asia Pasific di Fukuoka. Hingga saat ini posisi libero tetap ada di permainan bola voli.

2. Tugas Pemain Libero

Libero bertugas untuk mengatur dan mengendalikan seluruh lini pertahanan. Maka tidak heran bahwa jersey yang digunakan oleh seorang libero berbeda dan lebih mencolok dibanding pemain lainnya. Pemain libero ini juga bertugas untuk mengontrol pertahanan dari permainan. Termasuk mengejar bola pertama yang mengarah ke permainan.

Seorang libero ini juga perlu memiliki kelincahan, karena ia merupakan bekal sebuah tim untuk membangun serangan kepada lawan dengan mengarahkannya kepada tosser. Jadi saat bermain bola voli semua anggota tim haruslah memiliki kerja sama yang baik, diluar apa tugas dan posisinya dalam permainan tersebut.

Libero mengenakan jersey yang berbeda, Sumber: activemovement.net
Libero mengenakan jersey yang berbeda, Sumber: activemovement.net

3. Aturan Khusus Untuk Posisi Libero

Ada beberapa aturan khusus yang ditujukan untuk seorang pemain libero. Jika Anda ingin menjadi seorang libero, maka Anda perlu paham mengenai aturan tersebut. Berikut beberapa aturan yang ditujukan kepada pemain libero:

  • Pemain libero dapat menggantikan posisi pemain lain yang sedang berada di bagian belakang.
  • Pemain libero tidak boleh untuk melakukan smash, karena posisi ini hanya dapat bermain sebagai pemain belakang.
  • Aturan selanjutnya ialah seorang libero tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking ataupun melakukan servis.
  • Dilansir dari laman Volly Ball Full, Pemain depan tidak diperbolehkan melakukan pukulan yang mana ketika perkenaannya bola berada lebih tinggi dari ketinggian net. Aturan ini berlaku jika bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan libero menggunakan passing atas. Namun jika umpan yang dilakukan libero tersebut menggunakan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya mengapa seorang libero menggunakan jersey yang berbeda dengan anggota tim lainnya. Salah satu alasan mengapa jersey yang digunakan seorang libero berbeda dengan anggota tim lainnya karena supaya wasit dapat dengan mudah melihat siapa yang menjadi seorang libero pada tim tersebut dan dapat menegakkan aturan pada posisi tersebut.

Baca juga: 7 Bahan Baju Olahraga yang Sering Dipilih

Selain itu juga dikarenakan seorang libero bebas keluar masuk, tidak boleh melakukan smash, tidak boleh berada diarea serangan, serta tidak diperbolehkan blocking. Jadi untuk memudahkannya, seorang libero memerlukan identitas khusus supaya dapat terlihat dengan jelas.

Hal tersebut dilakukan dengan cara membedakan kaos jersey yang dikenakan oleh libero dengan anggota tim lainnya. Selain itu warna jersey yang digunakan libero juga harus kontras dari jersey anggota tim.

4. Skill yang Harus Dimiliki Pemain Libero

Mau jadi pemain libero? Maka Anda perlu memiliki skill ini terlebih dahulu. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang libero:

  • Seorang libero perlu memiliki dasar teknik pertahanan yang kuat.
  • Pemain libero diharuskan untuk memiliki kelincahan dan kekuatan yang baik untuk menahan serangan lawan. Baik itu servis ataupun smash keras dari lawan.
  • Skill yang harus dimiliki seorang libero selanjutnya ialah kemampuan untuk menguasai teknik passing yang baik. Mulai dari passing atas hingga passing bawah, apalagi untuk passing bawah.
Pemain libero harus lincah, Sumber: calonatlet.com
Pemain libero harus lincah, Sumber: calonatlet.com

Sedikit tambahan informasi bagi Anda yang sedang membutuhkan kaos jersey untuk tim voli, maka bisa memesannya di Jobeco Sport. Jobeco Sport merupakan salah satu konveksi jersey di Jogja yang menawarkan jasa produksi berbagai macam kaos jersey. Untuk detail informasinya Anda bisa menghubungi kami di kontak yang telah tersedia. Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada kami.

Itulah tadi informasi yang telah kami sampaikan mengenai libero dalam permainan bola voli. Jika Anda salah satu pecinta olahraga yang satu ini, maka penting untuk mengetahui informasi tersebut. Ikuti berbagai informasi menarik lainnya dari Jobeco Sport misalnya saja seperti cara merawat kaos jersey atau informasi lainnya. Untuk membaca artikel tersebut, Anda bisa mengaksesnya di laman website Jobeco Sport.