Bagi penggemar sepakbola atau olahraga lainnya, memiliki kostum olahraga yang digemari memberikan kegembiraan tersendiri. Misalnya seperti penggila olahraga sepakbola yang memiliki jersey sepakbola bertuliskan dan bernomor punggung pemain andalan kesukaannya. Bisa menjadi kebanggaan pastinya.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata jersey sepakbola yang dijual dimana-mana berbeda jenis satu sama lainnya. Meskipun bisa saja tampak sama dan bertuliskan nama pemain serta nomor punggungnya persis, namun ternyata berbeda jenis dengan jersey sepakbola yang asli. Nah, apa saja jenis jersey sepakbola yang ada?

Jenis Jersey Sepakbola

Anda pasti memiliki jersey sepakbola. Ya, pakaian yang satu ini bagi sebagian orang cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan bukan hanya saat berolahraga saja. Jenis jersey sepakbola apa yang Anda miliki?

1. Match Worn

Kita mulai dari jenis jersey sepakbola yang kualitasnya paling tinggi. Jenis jersey yang satu ini disebut match worn karena memang digunakan oleh pemainnya langsung saat pertandingan. Darimana fans bisa mendapatkannya? Biasanya saat setelah pertandingan ketika salah seorang pemain memang memberikannya secara langsung.

Selain melalui keberuntungan karena diberikan langsung oleh pemain sepakbola, Anda juga bisa membeli jenis jersey match worn di tempat penjualan resmi misalnya di stadion sepakbola atau di toko resmi club sepakbolanya. Untuk harganya, tentu saja sangat fantastis. Bisa mencapai puluhan juta rupiah!

Jersey Match Worn, sumber Golden Soccer Signing
Jersey Match Worn, sumber Golden Soccer Signing

2. Player Issue

Jenis jersey sepakbola player issue adalah jersey yang digunakan sama persis oleh pemain. Namun pada jersey belum terdapat nama, nomor punggung dan patch pertandingan. Keberadaan jenis yang satu ini tentu saja diperuntukkan bagi fans yang ingin membelinya. Untuk harganya berkisar antara 1.5 juta hingga 2.5 juta rupiah.

3. Match Issue

Berbeda dengan jenis jersey player issue meskipun sama 100% dengan yang digunakan oleh pemain, jenis ini match issue sudah terdapat nomor punggung, nama dan patch pertandingan. Jersey ini dijual pada saat momen pertandingannya yang dapat terlihat dari patch yang dicetak. Sehingga fans yang memiliki jenis ini dapat mengenang saat mereka menoton pertandingan. Harganya berkisar 3 juta rupiah lebih.

4. Player to Replica

Kita beralih ke jenis jersey selanjutnya yaitu jenis jersey player to replica. Jenis yang satu ini sudah mulai berkurang kemiripannya dengan jersey yang sudah dijelaskan sebelumnya yang 100%. Jadi bisa dikatakan tingkat keasliannya sekitar 80% saja. Untuk mendapatkannya konsumen dapat membeli di toko olahraga resmi (bukan club) dengan harga 800 ribu hingga 1.5 jutaan rupiah.

5. Replica

Untuk jenis jersey replica ternyta berbeda dengan jenis jersey player to replica. Seperti sebutan jenisnya, jersey ini dibuat sama secara keseluruhan sehingga disebut jenis replica. Meskipun begitu, jenis replica ini bukanlah jersey aslinya. Sehingga harganya dibanderol di kisaran 600 ribu hingga 800 ribu rupiah saja.

6. Supporter Version

Jenis jersey supporter version atau disebut juga stadium shirt merupakan asli keluaran pabrikan dan resmi dilisensi oleh tim bersangkutan. Namun, kastanya paling rendah dan dibuat untuk dipakai penonton di stadion. Desainnya berbeda secara detail dengan yang digunakan para pemain. Harganya dijual mulai dari Rp600 ribu.

Jersey Sepakbola, sumber Shopee
Jersey Sepakbola, sumber Shopee

7. AAA

Jersey sepakbola jenis AAA yang beredar di Indonesia umumnya dibuat oleh pabrikan Thailand. Dengan tingkat kemiripan dan kualitas bahkan mencapai 95 persen. Kualitas bahan, tag, dan kantung plastik pelindung menyerupai asli dan pengerjaannya sangat rapi. Namun para penggila jersey jelas tidak akan tertipu dengan baju berjenis AAA ini karena ada detail-detail khusus pada kostum asli yang tidak bisa disamai.

8. KW

Siapapun yang sering membeli produk-produk seperti baju, tas, sepatu dan yang sejenisnya pasti mengerti jenis yang satu ini. Jenis jersey sepakbola KW memang merupakan jenis yang merupakan tiruan. Sehingga kemiripannya memang hampir tidak bisa menyamai kecuali pada beberapa bagian saja seperti warna dan tulisannya. Wajar saja jika harganya sangat murah sekali.

Tips Mencuci Jersey

Berikut ini kami tambahkan informasi seputar bagaimana mencuci jersey yang Anda miliki. Karena apabila tidak sesuai, bisa saja meskipun merupakan jenis yang asli, jersey Anda akan rusak akibat dicuci. Berikut ulasannya.

Cara mencuci jersey dengan mesin cuci

  • Jika jerseymu bisa dicuci menggunakan mesin cuci, ikuti langkah berikut:
  • Hindari cuci jersey bersama pakaian lain. Anda boleh pula mencucinya bersama dengan jersey lainnya.
  • Pilih pengaturan suhu dan putaran yang rendah.
  • Pilih deterjen yang baik yang dapat mempertahankan warna pakaian.
  • Keringkan jersey dengan hanger di tempat teduh. Hindari mencucinya dengan mesin pengering mesin cuci.

Cara mencuci jersey dengan tangan

Langkah ini dapat dilakukan untuk Anda yang memiliki bahan jersey super sensitif sehingga harus dicuci dengan cara manual.

  • Caranya cukup mudah, larutkan deterjen dengan air dingin sesuai dengan petunjuk takaran deterjen. Rendam selama 1-2 jam dan kucek jerseymu secara perlahan.
  • Setelah itu bilas baju jersey hingga deterjen hilang sempurna, remas-remas pakaian jersey perlahan saja. Keringkan jersey dengan hanger dan pilih tempat yang teduh untuk menggantungnya.
Jersey Replica vs Authentic, sumber Adventmk.org
Jersey Replica vs Authentic, sumber Adventmk.org

Tips merawat jersey selain cara pencucian

Disamping mencuci dengan cara yang tepat, kamu perlu juga nih merawatnya dalam jangka panjang.

Caranya antara lain:

  • Sebelum noda membandel menempel terlalu lekat, ada baiknya sebelum mencuci, fokuskan pada noda yang tampak.
  • Langsung cuci jersey setelah dipakai.
  • Kain jersey yang tidak mudah kusut tidak perlu disetrika karena tidak kuat panas. Cukup digantung di lemari untuk menghindari dari kekusutan.
  • Pilih gantungan baju yang berlapis spons agar bentuk bahu jersey tetap terjaga dengan baik.
  • Jangan mencuci jersey menggunakan pemutih.

Itu dia berbagai ulasan seputar jenis jersey sepakbola. Apakah Anda sudah memiliki jersey sepakbola? Jenis jersey apa yang telah Anda miliki? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.