Berbagai macam desain yang bisa Anda pilih dalam kaos sablon membuat pakaian yang satu ini banyak digemari. Salah satu penggemarnya yang paling banyak ialah kaum muda-mudi. Bahkan kaos sablon bisa digunakan untuk laki-laki ataupun wanita. Meskipun terlihat simple, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bahan kaos cocok untuk sablon.

Banyaknya orang yang menyukai kaos sablon ini bukan tanpa maksud. Selain banyak desain yang bisa dipilih, kaos sablon juga bisa dijadikan sebagai outfit untuk menghadiri berbagai acara mulai dari acara non formal hingga acara semi formal. Anda hanya perlu memadu padankan kaos dengan aksesoris tambahan lainnya supaya outfit Anda semakin terlihat keren.

Untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis, maka tidak ada salahnya mencoba berbisnis kaos sablon. Kaos sablon ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan karena banyaknya peminat. Bisa dijadikan juga sebagai bisnis online ataupun bisnis offline, sesuaikan saja dengan minat Anda.

Bahan kaos yang bagus untuk sablon, Sumber: verriolicreative.com
Bahan kaos yang bagus untuk sablon, Sumber: verriolicreative.com

Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa tidak semua bahan bisa digunakan untuk sablon. Hanya beberapa jenis bahan baju untuk sablon yang cocok dan sesuai saja yang bisa digunakan. Bahan baju sablon yang tidak sesuai akan mempengaruhi kualitas dari sablon itu sendiri. Supaya sablon baju Anda berkualitas, Anda perlu mengetahui apa saja bahan yang cocok.

1. Linen

Bahan kaos sablon pertama yang cocok digunakan untuk menyablon ialah bahan linen. Bahan kaos yang satu ini terbuat dari bahan serat rami. Kaos dari bahan ini tidak sedikilit peminatnya, karena memiliki sifat yang nyaman sehingga banyak orang yang suka.

Jadi tidak heran jika ada beberapa merk ternama yang juga menggunakan bahan ini untuk memproduksi kaosnya. Bahan linen juga dikenal mudah menyerap keringat, ringan, dan memiliki pori. Kualitas gambar dari kaos linen juga beda dari yang lainnya, sehingga membuat bahan kaos ini semakin menarik perhatian.

2. Cotton Combed

Yaps, jenis bahan kaos sablon ini memang tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Karena memang bahan yang satu ini paling sering digunakan untuk menyablon. Bahkan banyak yang suka dengan bahan kaos ini, alasannya karena memiliki karakteristik yang lembut, halus, dan juga rapi. Cotton combed juga memiliki berbagai variasi, diantaranya cotton combed 20s, 24s, 30s, 40s.

Variasi dari cotton combed tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk yang 20s memiliki tipe kain yang tebal dan cenderung kaku. Lalu untuk 24s tipe kainnya lebih ringan dari yang 20s. Variasi 30s memiliki serat kain yang halus dan tebal, variasi ini juga banyak digunakan oleh perusahaan konveksi untuk kaos sablon. Kemudian untuk 40s kainnya tipis dan akan menghasilkan efek jatuh ketika digunakan.

3. Cotton Spandex

Jenis bahan kaos sablon ini memiliki sifat yang bisa dikatakan unik, yaitu elastis, adem serta nyaman saat digunakan, dan memiliki sifat yang awet (tahan lama). Bahan kaos ini merupakan perpaduan dari bahan katun dan bahan spandex. Perpaduan kedua bahan itulah yang menjadi alasan mengapa kaos cotton spandex ini memiliki sifat yang cukup unik. Kaos cotton spandex akan menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik.

Kaos bahan sablon yang sesuai, Sumber: kerenhd.blogspot.com
Kaos bahan sablon yang sesuai, Sumber: kerenhd.blogspot.com

4. Cotton Slub

Jenis kain yang satu ini cocok sekali dengan kaum-kaum yang malas menyetrika baju nih. Pasalnya kain ini memang memiliki permukaan yang bertekstur sehingga tidak disetrikapun tidak menjadi masalah. Kaos bahan cotton slub ini nyaman dan ringan saat digunakan.

Meskipun hasil sablon dari kain ini sedikit tidak rata karena kainnya yang tipis dan ringan, namun masih bagus untuk bahan sablon. Ketika dipakai gambar sablon masih terlihat keren, jadi Anda tidak perlu khawatir.

5. Rayon

Bahan kaos sablon selanjutnya ialah rayon yang memiliki karakteristik lembut seperti sutera. Meskipun lembut layaknya sutera, namun rayon ini merupakan buatan manusia. Rayon akan sangat nyaman bila digunakan, selain itu jenis bahan ini juga baik dalam mengikat warna.

Meskipun demikian, rayon juga bisa dengan mudah melar dan kusut loh. Jadi Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat baju sablon yang benar dan tepat supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

6. Cotton Bamboo

Di dalam dunia persablonan terdapat salah satu teknik sablon digital yang dikenal dengan sebutan sablon polyflex. Sablon polyflex ini memiliki kualitas yang baik yakni bisa tahan lama, rapi, dan pengerjaannya cepat. Nah salah satu bahan kaos yang bisa menggunakan teknik ini ialah cotton bamboo.

Cotton bamboo termasuk dalam bahan yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami. Bahan yang satu ini juga memiliki sifat yang ringan dan adem, sehingga nyaman pada saat digunakan. Jenis bahan kaos ini juga sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk sablon. Kualitas gambar yang dihasilkan dari bahan ini bagus dan rata.

Salah satu desain kaos sablon, Sumber: tokopedia.com
Salah satu desain kaos sablon, Sumber: tokopedia.com

Jika Anda pecinta kaos sablon dan membutuhkan jasa sablon kaos polos dengan metode printing, maka bisa menghubungi Jobeco Sport. Jobeco Sport merupakan salah satu konveksi jersey di Jogja yang menawarkan jasa produksi berbagai macam kaos jersey dan sablon kaos polos. Jangan ragu menghubungi kami untuk mendapatkan detail informasi, siapa tau cocok jadi bisa langsung angkut deh.

Terima kasih telah menyimak informasi mengenai jenis bahan kaos untuk sablon. Ikuti informasi lainnya dari kami seperti mengenal bahan baju olahraga atau yang lainnya. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami ya untuk mendapatkan informasi tersebut. Sampai jumpa!