Apapun jenis olahraga yang akan Anda lakukan, terlebih dahulu harus melakukan pemanasan sebagai awalannya. Bahkan hal ini sudah diajarkan sejak Anda duduk dibangku sekolah. Namun masih banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya fungsi pemanasan sebelum olahraga itu untuk apa sih? Nah kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya pemanasan dalam olahraga.

Bukan hal yang aneh jika ada orang yang melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Baik itu olahraga ringan maupun olahraga berat, pemanasan merupakan sesuatu hal yang wajib untuk dilakukan. Apapun jenis olahraganya, lalu bagi pemula, ataupun yang sudah berpengalamanpun harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga atau sebuah pertandingan.

Misalnya saja dalam pertandingan bola voli, bulutangkis, futsal, sepakbola, basket, dan berbagai jenis olahraga lainnya. Para pemainnya akan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum pertandingan di mulai. Meskipun pemanasan perlu dilakukan, masih banyak orang yang mengabaikannya. Kebanyakannya anak muda sering sekali tidak melakukan pemanasan dengan alasan umurnya masih muda.

Melakukan peregangan otot, Sumber: publicaffairs-sme.com
Melakukan peregangan otot, Sumber: publicaffairs-sme.com

Pernyataan itu jelas salah baik itu usia tua atau muda, pemanasan sebelum olahraga itu penting. Anda bisa melakukan pemanasan ketika sudah siap memulai olahraga. Jadi Anda sudah menggunakan jersey olahraga, sepatu, dan alat pendukung lainnya. Setelah itu Anda melakukan pemanasan dan siap untuk melanjutkan olahraga yang Anda sukai.

Pemanasan dibagi menjadi 2 jenis yakni pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Pemanasan statis merupakan pemanasan yang dilakukannya pada posisi tidak bergerak, misalnya saja melakukan peregangan kaki dan tangan. Kemudian untuk pemanasan dinamis merupakan pemanasan yang dilakukan dengan bergerak, misalnya saja seperti lari di tempat.

Inilah Fungsi Pemanasan Sebelum Olahraga

Perlu Anda ketahui bahwa akibat tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga otot menjadi kaget dan lebih mudah mengalami cedera. Jadi untuk meminimalisir hal tersebut, Anda perlu melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Berikut fungsi dari pemanasan sebelum olahraga yang penting untuk Anda ketahui.

1. Mencegah Terjadinya Cedera

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa akibat dari tidak melakukan pemanasan ialah lebih mudah mengalami cedera. Hal ini dikarenakan fungsi pemanasan sebelum olahraga ialah untuk mencegah Anda mengalami cedera. Ketika Anda tidak melakukan aktivitas, otot tubuh Anda cenderung kaku. Sehingga otot tubuh akan kaget jika Anda langsung melakukan olahraga.

Jadi perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu untuk awalannya, sehingga otot tubuh menjadi lentur. Jika tidak, Anda akan berpotensi mengalami risiko kram otot, terkilir, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena otot tubuh belum siap menerima gerakan tiba-tiba yang berat.

Baca juga: Persiapan Sebelum Berenang (Baju Renang Jangan Lupa)

2. Pemanasan Untuk Menyiapkan Mental

Bukan hanya mengalirkan darah ke otot saja, namun pemanasan sebelum olahraga juga dapat mengalirkan darah ke otak. Jadi secara tidak langsung fungsi pemanasan sebelum olahraga ini juga dapat mempersiapkan mental dan mengurangi stres ketika akan melakukan latihan berat.

Jadi pemanasan ini sangat diperlukan bagi para atlet untuk mempersiapkan mentalnya sebelum pertandingan di mulai. Saat pikiran sudah siap maka Anda juga akan lebih siap apabila menerima tekanan-tekanan yang datang pada saat olahraga.

Fungsi pemanasan sebelum olahraga beserta tipsnya, Sumber: planetsports.asia
Fungsi pemanasan sebelum olahraga beserta tipsnya, Sumber: planetsports.asia

3. Tubuh Menjadi Lebih Fleksibel

Fungsi pemanasan dalam olahraga salah satunya ialah untuk membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Salah satu fungsi gerak pemanasan adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah yang akan dialirkan ke otot, sehingga membuatnya menjadi lebih fleksibel.

Adanya pemanasan sebelum olahraga juga mempermudah tubuh untuk mengikuti gerakan olahraga yang akan Anda lakukan. Selain itu Anda juga lebih mudah untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Dilansir dari laman Hello Sehat, Journal of Exercise Rehabilitation menyebutkan bahwa melakukan pemanasan sebelum olahraga bisa meningkatkan rentang gerak sendi, sekaligus memelihara, meningkatkan kinerja, hingga fleksibilitasnya. Jadi pemanasan dapat membantu sendi-sendi menjadi lebih flesibel dan terhindar dari risiko cedera.

Baca juga: Tips Pola Hidup Sehat (Panduan Olahraga yang Benar)

Tips Pemanasan yang Tepat

Untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga ini tidak boleh asal-asalan dan sembarangan ya. Minimal Anda perlu melakukan pemanasan sekitar 6 menit. Jika dirasa kurang, maka Anda boleh lebih dari waktu minimal tersebut. Berikut beberapa gerakan pemanasan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan olahraga:

  • Melakukan stretching atau peregangan otot. Pemanasan ringan ini bisa membantu melenturkan otot Anda sehingga siap melakukan olahraga. Anda bisa melakukan peregangan pada gian kaki, tangan, bahu, hingga lengan. Lakukan stretching ini sekitar 15 menit.
  • Jalan-jalan. Berjalan kaki juga merupakan gerakan pemanasan yang bisa Anda lakukan sebelum olahraga. Tidak perlu jauh-jauh cukup dengan mengelilingi lapangan ataupun kompleks rumah. Lakukan pemanasan ini sekitar 30 menit.
  • Lari di tempat. Fungsi dari latihan pemanasan adalah untuk melenturkan otot tubuh. Jadi Anda bisa menggunakan gerakan pemanasan yang satu ini untuk membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, tidak terkecuali ke otot.
  • Squat tanpa beban. Anda bisa melakukan squat untuk pemanasan sebelum olahraga. Squat ini berguna untuk menguatkan otot panggul, paha, betis dan juga telapak kaki.
Melakukan gerakan squat, Sumber: goldsgym.co.id
Melakukan gerakan squat, Sumber: goldsgym.co.id

Itulah tadi informasi mengenai berbagai fungsi pemanasan sebelum olahraga beserta tipsnya. Jangan lupa apapun jenis olahraganya tetap melakukan olahraga dan memakai jersey olahraga supaya lebih nyaman. Untuk memesan berbagai kaos jersey, Anda bisa menghubungi Jobeco Sport. Jobeco Sport merupakan konveksi jersey yang ada di Jogja, kami menawarkan jasa produksi berbagai macam kaos jersey sesuai kebutuhan Anda.

Silahkan menghubungi kami di kontak yang telah tersedia untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya. Jangan lupa juga untuk mengikuti berbagai artikel menarik yang ada di laman website kami. Misalnya saja mengenai peralatan wajib untuk bersepeda atau yang lainnya. Terima kasih telah menyimak informasi di atas, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!