Cara Merawat Baju Sablon – Bagi Anda pecinta baju sablon, tentu saja akan memiliki berbagai desain sablon yang bermacam-macam. Apalagi saat ini Anda bisa memesannya secara custom, jadi bisa sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Namun pernahkah Anda merasakan bahwa sablon tersebut cepat rusak? Jika iya, maka bisa jadi perawatan yang Anda lakukan kurang tepat.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai bagaimana cara agar sablon kaos awet dan tidak cepat rusak, ada informasi penting untuk Anda yang suka dengan baju sablon. Untuk Anda yang suka kaos sablon dengan desain custom, Anda bisa menggunakan jasa sablon kaos dari Jobeco Sport. Untuk sablonnya, kami menggunakan metode printing digital yang salah satu kelebihannya menghasilkan cetakan lebih halus.

Perlu Anda ketahui bahwa Jobeco Sport merupakan salah satu konveksi jersey di Jogja yang menawarkan jasa produksi berbagai macam kaos jersey. Selain melayani pembuatan kaos jersey, kami juga melayani sablon kaos polos. Jadi jangan ragu untuk konsultasi dan bertanya mengenai informasi lebih lanjut kepada kami. Anda bisa menghubungi kami di nomor yang ada di kontak ya.

Cara merawat baju sablon supaya awet, Sumber: silverbobbin.com
Cara merawat baju sablon supaya awet, Sumber: silverbobbin.com

Cara Merawat Baju Sablon Agar Tidak Rusak

Setelah mengetahui informasi mengenai jasa sablon kaos, saatnya Anda mengetahui bagaimana tips merawat kaos sablon. Supaya hasil kaos sablon tersebut dapat bertahan lama, awet, dan tidak mudah rusak. Sehingga Anda bisa menggunakan baju sablon tersebut sesuai dengan kebutuhan tanpa rasa malu lagi karena sablonnya rusak. Berikut perawatan kaos sablon yang bisa Anda ikuti di rumah.

1. Hindari Tidur Menggunakan Baju Sablon

Langkah pertama dari cara merawat baju sablon yang tepat ialah tidak menggunakan baju tersebut untuk tidur. Meskipun sudah sangat lelah akibat aktivitas yang dilakukan, selalulah ganti baju terlebih dahulu sebelum tidur. Baju sablon yang digunakan untuk tidur akan lebih mudah rusak, belum lagi nantinya tidak sengaja tergesek dengan benda asing pada saat tertidur.

Apalagi baju yang Anda pakai sudah kotor karena digunakan untuk beraktivitas. Jadi akan lebih baik, ganti baju dulu sebelum tidur. Anda bisa menggunakan baju tidur ataupun kaos polos biasa. Sehingga baju sablon yang Anda miliki tidak mudah rusak dan tetap terjaga.

Baju sablon tidak digunakan untuk tidur, Sumber: aceh.tribunnews.com
Baju sablon tidak digunakan untuk tidur, Sumber: aceh.tribunnews.com

2. Pisahkan Kaos Sablon dari Pakaian yang Lain

Cara merawat baju sablon selanjutnya ialah memisahkannya dengan pakaian yang lain sebelum dicuci. Hal ini untuk menghindari baju terkena lunturan dari pakaian yang lainnya. Selain memisahkan baju sablon dari pakaian yang lainnya, pisahkan juga menurut warna pakaiannya.

Jadi baju Anda akan lebih terjaga dan mengurangi risiko rusak terkena lunturan warna dari pakaian lainnya. Apalagi untuk baju yang berwarna putih, Anda harus lebih waspada. Karena baju yang warnanya putih akan lebih mudah terlihat kotor jika terkena sedikit noda.

Pisahkan baju sablon dengan pakaian yang lain, Sumber: dekoruma.com
Pisahkan baju sablon dengan pakaian yang lain, Sumber: dekoruma.com

3. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Untuk merawat baju sablon, hindarilah menggunakan mesin cuci untuk mencucinya. Mencuci dengan mesin cuci akan mengakibatkan sablon menjadi cepat rusak. Jadi disarankan untuk mencuci baju sablon secara manual, atau bisa dikatakan menggunakan tangan.

Baca juga: Jersey Printing! Bahan Apa yang Cocok untuk Digunakan?

Anda hanya perlu mengucek bagian kaosnya saja dengan tangan secara perlahan. Selain itu hindari juga menyikat kaos sablon dengan sikat cucian. Bulu sikat yang kasar dapat merusak bagian sablon dengan mudahnya. Jadi pastikan Anda hanya menguceknya menggunakan tangan saja ya.

Cuci baju sablon menggunakan tangan, Sumber: laundry.drop.id
Cuci baju sablon menggunakan tangan, Sumber: laundry.drop.id

4. Jangan Rendam Baju Terlalu Lama

Maksud hati ingin baju lebih bersih, sehingga merendamnya lama. Namun ternyata cara yang digunakan untuk merawat baju sablon dengan itu salah. Anda hanya perlu merendam baju sekitar 5 hingga 10 menit saja. Mengapa demikian? Karena kandungan air dan sabun dalam rendaman tersebut dapat membuat sablon menjadi lebih mudah mengelupas jika direndam terlalu lama.

Nah, supaya baju Anda tidak direndam terlalu lama. Saat penggunaannya Anda harus mengecek apakah baju sablon yang Anda pakai terdapat noda kotoran atau tidak. Jika iya, maka segeralah mencucinya. Sehingga baju dapat segera tertolong dari noda tersebut dan pada akhirnya tidak perlu direndam lama ataupun disikat.

Jangan merendam kaos sablon terlalu lama, Sumber: intisari.grid.id
Jangan merendam kaos sablon terlalu lama, Sumber: intisari.grid.id

5. Kaos Dibalik Sebelum Dijemur

Posisi kaos sablon pada saat dijemur ialah bagian luar berada di dalam dan bagian dalam berada diluar. Jadi balik dulu kaos sebelum Anda menjemurnya, sehingga tidak lupa. Hal ini dilakukan untuk menghindari bagian sablon terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Cara Sablon Polyflex (Ini Kelebihan yang Akan Anda Dapatkan)

Ketika sablonan kaos terkena sinar matahari secara langsung, maka dapat membuatnya menjadi lebih mudah rusak. Apalagi jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, jangan kaget jika sablonan pada kaos Anda menjadi rusak dan mengelupas.

Kaos dibalik dulu sebelum dijemur, Sumber: dekoruma.com
Kaos dibalik dulu sebelum dijemur, Sumber: dekoruma.com

6. Setrika Kaos Sablon dengan Posisi Dibalik

Sama seperti pada saat menjemur, ketika disetrikapun posisi kaos sablon dibalik. Jadi bagian dalam menjadi diluar dan yang bagian luar menjadi di dalam. Hal ini menjaga bagian sablon rusak akibat terkena setrika yang panas. Jika bagian sablon terkena setrika, maka sablon akan mudah rusak dan mengelupas.

Anda tidak mau bukan? Jadi pada saat menyetrika kaos sablon, pastikan dulu posisinya sudah benar ya. Ketika bagian luar sudah berada di dalam, Anda sudah bisa menyetrika seperti biasa. Jika seperti itu, kaos sablon Anda akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Pastikan bagian sablon berada di dalam sebelum disetrika, Sumber: kompas.com
Pastikan bagian sablon berada di dalam sebelum disetrika, Sumber: kompas.com

Terima kasih telah berkenan menyimak informasi mengenai cara merawat baju sablon supaya tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga informasi di atas dapat membantu dalam merawat kaos sablon yang Anda miliki. Jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai informasi menarik seperti baju running wanita atau yang lainnya. Anda bisa mendapatkan informasi menarik tersebut di laman website Jobeco Sport.