Tidak semua material kain dapat digunakan sebagai bahan baju olahraga. Karena memang tipe kainnya tidak sesuai untuk digunakan berolahraga. Bahan baju olahraga sekolah saja misalnya, pasti menggunakan material kain yang khusus sehingga tidak menimbulkan masalah ketika digunakan berolahraga.

Seperti apa bahan kain yang cocok untuk kaos olahraga? Kenapa bahan baju olahraga mudah menyerap keringat? Seperti apa bahan baju olahraga yang bagus? Simak berbagai informasi seputar bahan material kain untuk kaos olahraga atau jersey olahraga berikut ini.

Tips Memilih Bahan Baju Olahraga

Pakaian yang kita gunakan sehari-hari memang sudah dirancang khusus agar dapat memudahkan dan cocok dengan aktivitas yang akan kita lakukan. Tidak terkecuali bahan baju olahraga, sudah dirancang agar dapat melakukan olahraga dengan baik. Seperti apa tips memilih bahan jersey olahraga?

1. Lentur

Berolahraga seringnya menuntut untuk luwes bergerak tanpa hambatan. Apalagi jika yang menghambat gerak dalam berolahraga ini adalah pakaian yang digunakan. Karena itu, pakaian olahraga selalu menggunakan bahan kain yang lentur. Jangan sampai memilih kain yang tidak lentur sehingga dapat mengurangi performa dalam berolahraga.

Jersey Berbahan Calico, sumber NFL Draft
Jersey Berbahan Calico, sumber NFL Draft

2. Menyerap Keringat

Keringat merupakan salah satu hasil dari aktivitas fisik seperti berolahraga. Semakin berat berolahraga, biasanya akan semakin berkeringat. Keringat ini menjadi tidak nyaman apabila tidak terserap dengan baik pada pakaian olahraga yang digunakan. Karena itu, biasanya kain untuk jersey yang dipilih merupakan material yang dapat menyerap keringat.

3. Ringan

Meskipun diperlukan kain yang dapat menyerap keringat, bukan berarti dipilih material yang tebal sehingga berat saat digunakan. Dengan teknologi konveksi produksi kain, terdapat jenis kain yang ringan namun tetap menyerap keringat. Bahan kain yang ringan ini juga memudahkan untuk melakukan aktivitas olahraga.

4. Kuat

Karakteristik lainnya yang dibutuhkan untuk jersey olahraga adalah bahannya yang kuat. Tidak mudah rusak ketika terkena permukaan lingkungan atau benda. Hal ini karena berolahraga dimungkinkan untuk terjatuh, terbentur atau sekedar terkena berbagai benda. Selain itu, bahan yang kuat dapat melindungi orang yang menggunakannya.

5. Tidak Mudah Kusut

Tips memilih kain untuk bahan baju olahraga selanjutnya adalah material yang tidak mudah kusut. Artinya bentuk kain saat digunakan selalu dapat menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya karena tidak mudah kusut. Berbeda dengan lentur, yaitu apabila ditarik dapat kembali ke bentuk semula.

6. Sejuk

Ada tipe bahan kain yang panas misalnya karena pori-pori kain yang terlalu rapat. Untuk kenyamanan berolahraga, gunakan bahan baju olahraga yang berpori-pori bagus. Karena dapat membuat badan lebih sejuk. Selain itu memang ada tipe kain yang panas karena itu pilihlah tipe yang menyejukkan.

Jersey Sepak Bola dan Voli, sumber Jobeco
Jersey Sepak Bola dan Voli, sumber Jobeco

7. Mudah Dicuci

Karakteristik lainnya dari bahan kain baju olahraga yang diperlukan adalah mudah dicuci. Jika mudah dicuci, saat digunakan jersey akan selalu bersih dan tidak menjadi masalah ketika beraktivitas.

Bahan Baju Olahraga

Lantas, apa saja bahan baju olahraga yang sering dijadikan material jersey olahraga? Ternyata ada beberapa dengan karakter yang sesuai untuk kebutuhan olahraga. Berikut ini jenis-jenis kain yang dapat digunakan untuk bahan baju olahraga.

1. Katun

Katun merupakan salah satu bahan kain yang sering menjadi material untuk berbagai jenis pakaian. Tidak terkecuali sebagai bahan baju olahraga. Katun adalah tipikal bahan yang sejuk, lentur dan lembut saat digunakan serta mampu menyerap keringat.

2. Spandex

Mungkin Anda lebih sering melihat bahan spandex digunakan untuk kaos kaki. Namun sebenarnya bahan ini memiliki keunggunlan sebagai bahan baju olahraga sekolah ataupun jersey olahraga sehari-hari. Keunggulan utamanya adalah dari sisi kekuatan bahan dan kelenturannya.

3. Microfiber

Bahan kain lainnya adalah microfiber. Kain ini terbuat dari campuran nilon, polyester atau keduanya. Bahan ini bisa menyerap dan mengeringkan dengan cepat. Ketika keringat menyerap ke kain, bahan ini akan menyebarkannya ke seluruh bagian seragam, membuatnya lebih cepat kering.

Microfiber ini memang tampak sebagai bahan material jersey olahraga yang berteknologi. Kelenturan bahannya dapat menyesuaikan bentuk tubuh sehingga penggunanya dapat berolahraga dengan lincah.

4. Sintetis

Konveksi Jersey, sumber Jobeco
Konveksi Jersey, sumber Jobeco

Bahan sintetis adalah material bahan baju olahraga yang terbuat dari campuran karet dan plastik. Karakteristik karet yang menjadikan elastis serta plastik yang menjadikan kuat merupakan perpaduan untuk pakaian olahraga yang kuat dan lentur saat digunakan. Karena itu kain sintetis merupakan salah satu pilihannya.

5. Calico

Bahan satu ini mungkin jarang didengarkan oleh orang awam. Terkecuali sudah familiar dengan kain atau konfeksi. Namanya adalah bahan calico.

Calico merupakan kain apik yang terbuat dari kapas. Bahan yang halus dan breatheable ini sangat nyaman di kulit. Material kapasnya menyerap keringat dengan baik. Plus, bahan ini juga ramah lingkungan. Bisa terurai dengan cepat. Bahan ini dikenal juga dengan nama mutton cloth dan muslin cloth.

6. Nylon

Bahan lainnya yang dijadikan material untuk jersey olahraga adalah nylon. Bahan ini dikenal elastis, mudah menyerap keringat serta kuat. Meskipun nylon lebih sering digunakan untuk penutup area yang sering basah saat berolahraga seperti kepala, lengan, pergelangan tangan dan paha, namun nylon juga digunakan sebagai bahan untuk baju olahraga.

7. Neoprene

Neoprene adalah bahan sintetis yang paling tebal di antara semua bahan baju olahraga yang udah Axe sebutin di sini. Teksturnya seperti foam berfungsi sebagai isolator dan sangat tahan air. Bahan ini memang khusus untuk watersport.

Itulah 7 bahan yang sering dipilih untuk material kain jersey olahraga. Jenis bahan yang mana yang lebih Anda sukai? Berikan jawaban di kolom komentar yang tersedia.